
Monica Susanto : Dari Tiny Dumpling Hingga Coco Nico, Berawal Dari Kegagalan yang Menjadi Pembelajaran Berarti
Bisnis kuliner merupakan bisnis yang bisa dibilang tidak akan pernah mati. Buktinya meski dua tahun pandemi, bisnis kuliner tetap berkembang pesat walaupun dibatasi aturan-aturan yang harus ditaati.
Berbicara mengenai bisnis kuliner memang tidak ada habisnya. Hampir setiap hari ada menu baru yang disajikan di restoran-restoran untuk memanjakan lidah customer yang datang. Seperti apa yang dilakukan Monica Susanto beberapa tahun terakhir ini.
Perjalanan Monica Susanto dalam memulai bisnis kuliner
Berawal dari hobi jajan dan makan semasa kuliah di Hongkong, Monica Susanto memulai bisnis kuliner pada tahun 2018 dengan brand Tiny Dumpling.
Monica membangun restoran yang menyediakan makanan China dengan bantuan sang ayah yang merupakan pengusaha peternakan ayam di Cianjur.
Namun sayangnya setahun kemudian usahanya gagal total dan membuatnya menanggung kerugian besar. Meski begitu Monica tidak menyerah.
Dengan tekadnya yang kuat Monica melakukan survey pada customer untuk mengetahui apa saja yang diinginkan dan dibutuhkan oleh customer.
Pada tahun 2019
Monica memutuskan untuk rebrand menjadi Halo Hongkong kafe mengingat makanan dan jajan yang ia sukai semasa kuliah. Saat tu ia pikir makanan khas Hongkong masih sangat jarang dijual.
Ketika kafenya mulai berkembang Monica harus beristrahat sejenak karena pandemi yang memaksa semua kafe untuk tutup dan ia hanya dapat menjual dimsum beku. Saat itulah muncul inovasi baru.
Berkat hubungan baiknya dengan karyawan Monica justru mendapat ide yang berasal dari karyawannya itu untuk menjual minuman botolan yang saat itu sedang rame.
Di masa pandemi Monica mulai mencari cara lain untuk tetap berbisnis di saat semua orang harus berada di dalam rumah.
Peternakan ayam sang ayah yang biasanya menjual telur hanya untuk industri oleh Monica dimanfaatkan untuk dijual per kemasan dan jadilah brand Eggcelent.
Dari brand Eggcelent Monica kembali menekankan untuk mengutamakan kualitas dalam berbisnis.
Yang terbaru Monica meluncurkan brand Coco Nico yang berasal dari kecintaannya pada produk ndonesia. Bersama sang ayah, Monica membangun brand sebuah jus kelapa yang didapatkan dari sari kelapa fresh yang diolah sedemikian rupa.
Seperti yang kita tahu sari kelapa mengandung kalium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan seperti melancarkan pencernaan, bagus untuk kulit dan peredaran darah.
Minuman tanpa bahan pengawet ini sudah teruji dan bisa di konsumsi oleh semua umur. Kabar baiknya Coco Nico tahan lama meski tidak disimpan di kulkas.
Dalam wawancara di chanel Rumah Teh In Monica juga mengklaim minuman Coco Nico bener-bener asli dari sari kelapa segar dan ia berharap bisa menjualnya ke luar negeri dan menjadikannya kebanggaan Indonesia.
Saat ini Monica sedang mencari reseller modal terjangkau untuk memasarkan brand terbarunya ini. Caranya pun sangat mudah.
Jika berminat teman-teman bisa langsung hubungi Monica melalui email maupun DM di sosial medianya :
Email : monicasusanto03@gmail.com
Instagram : @myonzie
@coconico.id
www.coconico.id
