• Writing,  Writing and Journaling

    Menerbitkan Naskah Pertama

    Bisa menerbitkan buku adalah cita-cita semua penulis. Setelah berhasil menyelesaikan sebuah naskah, hal pertama yang terpikirkan adalah menerbitkan naskah tersebut menjadi buku bukan? Menulis di platform baca tulis gratis Awal karir menulis saya memang bermula dari menulis di platform menulis Wattpad. Melihat teman-teman dengan mudah menerbitkan bukunya setelah mempublikasikannya di aplikasi Wattpad, membuat saya terpacu untuk terus menulis di sana. Saya pun dengan bersemangat mengirimkannya ke penerbit dengan harapan bisa menghasilkan banyak uang. Kemudian saya menerima pemberitahuan bahwa naskah saya ditolak. Saat itu saya tidak tahu alasannya apa. Kemudian saya memilih untuk menerbitkannya secara self publish. Dengan semangat mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk mencetak buku, mengedit naskah sendiri, mendesain…

  • All The Things,  Ibu Produktif,  Lifestyle

    Tiga Skill Penambah Income yang Bisa Ibu Pelajari di Rumah

    Pergi ke pasar di hari Minggu adalah kegiatan menyenangkan bagi para ibu. Sayangnya senangnya cuma pas berangkat saja. Dengan rencana mau beli ini dan itu, list belanjaan sudah tercatat rapi di aplikasi note di hp. Namun sayangnya sampai di pasar harus merasakan kekecewaan karena yang di list tidak bisa terbeli semua. Harga bumbu dapur naik semua. Yang biasanya bisa dapat satu klo kini cuma bisa kebeli setengah kilo. Padahal gaji suami naik nggak sampai seratus ribu. Para ibu pasti pusing nih. Segala sesuat dinilai mahal jika punya uang sedikit, tetapi akan dikatakan murah jika uangnya cukup atau berlebih. Maka memiliki income  di luar gaji suami maupun gaji sendiri (bagi ibu)…

  • My Book,  Uncategorized,  Writing,  Writing and Journaling

    Drowning in You : Novel Penuh Emosi

    Halo Youtiez, rasanya beberapa bulan terakhir saya jarang menulis di blog ini. Karena pekerjaan di dunia nyata yang ternyata sangat menyita waktu, saya harus beradaptasi dan mulai mengelola energi saya dari awal. Minggu kedua di bulan November ini saya ingin produktif lagi, dan ini adalah artikel ketiga minggu ini. Semoga bisa konsisten ya. Kali ini saya ingin berbagi tentang novel Drowning in You yang terbit di Cabaca App Desember tahun lalu. Telat banget ya? Bulan depan udah masuk satu tahun di Cabaca, tapi baru saya bagikan secara menyeluruh di sini. Namun sebelumnya sudah sering saya share di sosial media kok. Naskah ini mulai saya tulis tahun 2020 dengan premis awal…

  • Lifestyle,  Writing,  Writing and Journaling

    Indscript Creative Siap Salurkan Berbagai Jenis Tulisan dan Hasilkan Cuan!

    Dunia kepenulisan semakin berkembang mengikuti zaman. Tidak hanya menghasilkan buku, kamu yang suka menulis bisa mendapatkan cuan dari tulisan. Indscript Creative, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa penulisan kini menyediakan banyak kesempatan pada penulis untuk mendapatkan cuan. Indari Mastuti yang merupakan CEO dari perusahaan tersebut tidak pernah berhenti berinovasi sejak pertama kali beliau memulai usaha. Berawal dari hobinya menulis, hingga keinginannya mengajarkan tentang kepenulisan kepada ibu-ibu lain, Indari Mastuti mengajak para perempuan berdaya melalui tulisan. Kabar baiknya Indscript Cretive tidak hanya menawarkan kelas penulisan untuk di jadikan buku saja. Mengingat usianya yang lebih dari satu dekade dan telah menjalin kerjasama dengan begitu banyak klien hingga kini siap menyalurkan berbagai…

  • Lifestyle,  Writing,  Writing and Journaling

    Penulis : Profesi yang Tak Pernah Terbayangkan

    “Selamat ya akhirnya cita-citamu  menjadi penulis tercapai juga.” Mendapatkan pesan seperti itu saya kaget sekali. Kemudian ingatan saya kembali ke masa remaja. Apakah dulu saya pernah bercita-cita menjadi penulis? Rasanya saya memang tidak pernah mempunyai target untuk menjadi penulis buku. Karena di zaman dulu saya berpikir profesi penulis akan sulit untuk digapai bagi orang yang tinggal di desa seperti saya. Meski tidak memiliki cita-cita menjadi penulis, sejak kecil saya memang sudah suka membaca dan menulis. Ketika SMK saya aktif berorganisasi dan sering ikut program mencari sumbangan untuk mengisi buku di perpustakaan.  Bahkan saya juga pernah ikut lomba menulis cerpen dan mendapat juara dua. Saya pikir saat itu  hanya sekadar lomba…

  • Lifestyle,  Writing,  Writing and Journaling

    Tips Menulis Untuk Bisnis

    Setiap orang memiliki alasan masing-masing saat melakukan suatu hal, termasuk menulis.   Ada yang menulis karena hobi atau untuk menghibur diri. Ada pula yang menulis untuk bisnis. Seperti yang saya rasakan beberapa tahun yang lalu. Awalnya saya menulis untuk menyenangkan hati dan meluapkan apa yang ada di dalam pikiran saya.   Kemudian setelah saya masuk semakin dalam ke dunia kepenulisan, saya mulai menyadari bahwa dengan menulis saya bisa menghasilkan uang tanpa keluar dari rumah dab tetap bisa mengurus anak-anak. Apalagi di zaman yang sangat maju ini tulisan bisa jadi alat bisnis yang cukup menghasilkan. Entah itu tulisan berupa buku cetak, ebook, maupun artikel yang diposting untuk keperluan bisnis.   Sekarang…

  • Lifestyle,  Writing,  Writing and Journaling

    Lakukan Dua Hal Ini Untuk Mengawali Karir Menulismu

      Kabar baik untuk kamu yang ingin memulai karir menulis dengan mudah. Gimana caranya? nanti dulu ya…   Bagi penulis pemula atau orang yang baru saja memulai kegiatan menulisnya, membuat satu paragraf saja akan terasa sulit. Atau meskipun bisa menuliskannya, mungkin kalimatnya masih kurang enak dibaca atau masih ada kekurangan lainnya. Hal ini juga pernah saya alami saat pertama kali menulis buku pertama saya. Butuh waktu yang sangat panjang untuk bisa menulis dengan lancar.Dimulai dengan satu dua kalimat, satu dua paragraf, hingga menjadi puluhan halaman. Semua itu butuh latihan. Untuk itu lakukan dua hal ini untuk melatih jemarimu merangkai kata : Membaca Sebelum menulis kamu perlu membaca dan memperkaya diksi…

  • Writing,  Writing and Journaling

    Manfaat Menulis Buku Solo

      Buku solo atau yang sering disebut buku tunggal adalah sebuah buku yang ditulis sendiri. Bagi beberapa orang menulis ribuan kata  dalam satu buku merupakan hal yang sulit dilakukan. Begitu pula saya. Dulu saya sangat kagum pada penulis yang bisa menghasilkan karya berupa buku. Rasanya menulis kalimat sebanyak itu mustahil saya lakukan. Namun siapa sangka hal itu menjadi mudah dilakukan jika mau belajar dan mengerjakannya secara konsisten. Menulis buku solo memang membutuhkan waktu dan tenaga yang tidak sedikit, tetapi jika sudah berhasil menyelesaikan satu karya saja, teman-teman bisa merasakan manfaatnya. Misalnya : Meningkatkan kepercayaan diri Percaya atau tidak, menulis buku solo dapat meningkatkan kepercayaan diri penulis, kenapa? tentu saja karena…

  • All The Things,  Writing and Journaling

    Berawal dari Hobi Membaca Hingga Terjun ke Dunia Kepenulisan

    Menerbitkan buku atau menjadi penulis tidak pernah sedikitpun terlintas dalam benak saya semasa kecil. Meski saya gemar membaca sejak sekolah dasar, saya tidak pernah berpikir bisa membuat sebuah karya berupa buku.   Saat saya kecil Bapak yang bekerja sebagai tukang becak di Solo setiap pulang membawa buku sebagai oleh-oleh. Bapak bilang awalnya buku-buku itu ia beli karena kasihan pada penjual yang terlihat letih menawarkannya pada penumpang di dalam bus. Namun setelah waktu berlalu hal itu menjadi sebuah kebiasaan. Entah buku doa, agama, cerita dan berbagai macam buku Bapak beli meski Mama sering marah, karena baginya saat itu membeli buku sama saja membuang-buang uang, yang bisa digunakan untuk keperluan lain.  …

  • Writing and Journaling

    Menulis Bikin Bisnis Melejit

        Kita semua tahu skill menulis dibutuhkan di semua bidang. Apapun pekerjaan atau kegiatan yang kita lakukan pasti membutuhkan keahlian ini. Dari pekerjaan yang remeh hingga  sulit, semua berhubungan dengan tulisan.   Indari Mastuti yang merupakan founder dari Indscript Creative mengatakan bahwa menulis bisa menjadi sarana dakwah dan edukasi bagi kita. Dari tulisan kita bisa menyampaikan berbagai informasi penting dan pengalaman yang pernah kita alami.    Indari Mastuti juga menerangkan tiga manfaat menulis yang jarang disadari.   Mendapatkan kebahagiaan Menulis bisa jadi sumber kebahagiaan yang tiada tara. Bisa menyelesaikan tulisan saja merupakan prestasi yang dapat memberi kepuasan tersendiri dan meningkatkan semangat. Bisa Menjadi Inspirasi Untuk Orang Lain  Menulis juga…